Kamis, 04 April 2013

test blogspot


PENYAKIT SIFILIS

Sifilis adalah penyakit kelamin menular yang disebabkan oleh bakteri spiroseta, Treponema pallidum. Penularan biasanya melalui kontak seksual, tetapi ada beberapa contoh lain seperti kontak langsung dan kongenital sifilis (penularan melalui ibu ke anak dalam uterus).
Tahap Klinis
Merupakan penyakit menular seksual yang ditandai dengan fase aktif dan diikuti dengan fase laten.
1. [[Masa inkubasi : masa inkubasi terjadi selama 2-6 minggu. Setelah masa itu akan timbul lesi primer disertai dengan pembesaran kelenjar getah bening (Limfadenopati) regional.
2. Tahap sekunder : ditandai dengan lesi kulit secara general atau menyeluruh dan limfadenopati yang juga general.
3. Tahap laten : tahap ini terjadi selama beberapa tahun atau dekade.
4. Tahap tersier : tahap ini terjadi pada 1/3 kasus yang tidak ditangani. Gejala yang timbul yaitu destruksi kulit, muskuloskelet, dan lesi parenkima, aortitis, dan kelainan saraf.

Epidemiologi

Di Amerika Serikat, dilaporkan sekitar 36.000 kasus sifilis tiap tahunnya, dan angka sebenarnya diperkiran lebih tinggi. Sekitar tiga per lima kasus terjadi kepada lelaki.

Manifestasi Klinis

a. Sifilis Primer
Lesi primer pada sifilis berupa chancroid atau chancre yang ditemukan pada penis pada pria, untuk wanita chancre yang timbul biasanya multipel dan ditemukan pada vagina atau serviks uterus. Chancre diawali dengan bentuk kecil, padat, papule, yang kemudian membesar secara perlahan membentuk lesi yang tidak nyeri, berbatas tegas, jernih, dan dasar yang lembab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar